Pj Walikota Lubuklinggau Menghadiri Acara pemecah Rekor Muri Minum Kopi Terbanyak



LUBUKLINGGAU-mitrari.com-Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa menghadiri acara pemecahan rekor MURI gerakan minum kopi serentak terbanyak di pinggir sungai yang dipusatkan di objek wisata Watervang Kota Lubuklinggau, Sabtu (13/7/2024).


Dalam sambutannya, H Trisko Defriyansa menginformasikan bahwa wacana gerakan minum kopi serentak ini merupakan diinisiasi Pj Gubernur Sumsel sebelumnya, Agus Fatoni pada saat launching kopi Sumsel beberapa waktu lalu. 


“Memang saat ini komoditi kopi sedang naik daun, tidak hanya sampai ke tingkat nasional namun sudah diekspor ke berbagai negara sehingga dapat memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat,” ujarnya. 


Melalui momentum ini sambung dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel membuat gerakan minum kopi serentak dalam rangka pemecahan rekor MURI di 17 kabupaten/kota di Sumsel secara zoom. 


“Apalagi ada beberapa kota di Sumsel, lokasinya berada dipinggir sungai,” tandasnya.


Selain itu, kegiatan ini diyakini mampu memberikan nilai positif dan efek dominannya berupa pengembangan pariwisata Watervang.


“Terbukti, hari ini disini sangat ramai sekali. Kulinernya laku dan orang mengenal kopi Ananda sebagai kopi produk lokal Kota Lubuklinggau, dan dapat menginfromasikan keindahan watervang karena Watervang sudah masuk nominator terbaik tingkat Provinsi Sumsel sebagai kampung tepi lalu lintas,” ungkapnya.


Memang kopi Ananda ataupun kopi lainnya sudah mempunyai hak paten. Jadi ada ciri khas tersendiri. Terkait hal itu, dirinya meminta kepada Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi agar terus melakukan pembinaan kepada UMKM di Kota Lubuklinggau sehingga nantinya bisa naik kelas.


Terpisah, Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi menyampaikan secara statistik Sumsel adalah penghasil kopi terbesar di Indonesia, dan kopi Sumsel harus lebih mendunia serta menjadi salah satu pilihan utama para penikmat kopi nantinya.


"Saya mengajak kita semua untuk mendukung sekaligus mempromosikan kopi, pariwisata dan budaya Sumsel. Dengan demikian, Provinsi Sumsel bisa menjadi sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia,” imbuhnya. 


"Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk mengangkat citra Sumsel di mata dunia serta mempererat silatuhrahmi dan kebersamaan antar kabupaten/kota khususnya masyarakat di Provinsi Sumsel,” tutupnya.


Turut hadir, Pj Sekda, H Tamri, Staf Ahli, Asisten dan seluruh OPD di lingkungan Pemkot Lubuklinggau.(mitra/*) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Tag Terpopuler